Menu Close

Ayam

Elise Neace asked 3 months ago

Ayam (Gallus gallus domesticus) ialah binatang unggas yang umum dipiara untuk dipakai daging, bulu-bulunya, https://ayamjagoonline.blogspot.com/ serta telur. Ayam piaraan sebagai turunan secara langsung dari salah satunya subspesies ayam rimba yang diketahui sebagai ayam rimba merah (Gallus gallus) atau ayam bangkiwa (bankiva fowl). Kawin silang antara ras ayam sudah hasilkan beberapa ratus galur unggul atau galur murni secara berbagai macam fungsi; yang umum merupakan ayam potong (buat dipotong) dan ayam petelur (buat diambil telurnya). Ayam biasa bisa juga dikawin silang dengan keluarga dekatnya, ayam rimba hijau, yang menciptakan hibrida mandul yang jantannya diketahui selaku ayam bekisar.

Ayam menyediakan dua sumber protein dalam pangan: daging telur serta ayam.

Pemikiran tradisionil pengembangbiakan ayam dalam domestikasi spesies ini termaktub dalam Encyclop√¶dia Britannica (2007): “Manusia pertama mendomestikasi ayam asal India buat kepentingan beradu ayam di Asia, Afrika, dan Eropa. Tidak ada perhatian teristimewa dikasihkan ke produksi daging atau telur.

Biologi serta komunitas

Ayam piaraan datang dari domestikasi ayam rimba merah (ayam bangkiwa, Gallus gallus) yang hidup di India. Akan tetapi, pengecekan molekular membuktikan ada kemungkinan bantuan plasma nutfah dari G. sonneratii, karena ayam rimba merah tidak mempunyai pembawaan kulit warna kuning yang jadi satu diantara tanda-tanda ayam piaraan.

Ayam memberikan ketidaksamaan morfologi antara ke-2 type kelamin (dimorfisme seksual). Ayam jantan (jago) lebih mengagumkan, memiliki ukuran semakin lebih besar, mempunyai jalu panjang, berjengger semakin lebih besar, dan bulu ekornya panjang menjuntai. Ayam betina (babon) relatif kecil, memiliki ukuran kecil, jalu pendek atau hampir tak tampak, berjengger kecil, serta bulu-bulu ekor pendek. Terkait type kelamin ini dirapikan oleh metode hormon. Jikalau berlangsung problem pada peranan fisiologi badannya, ayam betina bisa berubah kelamin jadi jantan sebab ayam dewasa masih mempunyai ovotestis yang dorman dan kapan saja dapat aktif.

Ayam jantan yang berkokok saat pagi hari.
Menjadi hewan piaraan, ayam sanggup meng ikuti ke mana manusia membawanya. Hewan ini sangatlah adaptive serta bisa disebut dapat hidup di sebarang tempat, seandainya siap makanan baginya. Sebab beberapa ayam piaraan udah kehilangan kekuatan terbang yang bagus, mereka makin banyak habiskan waktu di tanah atau terkadang di pohon. yam memiliki ukuran kecil kadang dihabisi oleh unggas pemangsa, seperti elang.

Beberapa macamnya

Ayam Sumatra
Karena ayam terhitung unggas piaraan tenar dan murah, tampil bermacam makna tekhnis gara-gara pekerjaan pembudidayaan ayam serta penangkaran.

Berdasar pada peran
Menurut peranannya, orang kenal

– aayam broiler, buat diperlukan dagingnya;
– ayam petelur, untuk diperlukan telurnya;
– ayam hias atau ayam timangan (pet, klangenan), buat dilepaskan di kebun/taman atau dipiara dalam kurungan sebab kecantikan performa atau suaranya (semisalnya ayam golden pheasant serta ayam pelung; ayam bekisar dapat dikategorikan kesini meski bukan ayam piaraan sejati);
Makna ayam sayur difungsikan buat ayam daerah atau ayam pengaduan yang kerap kalah, dan tak dipilih privat sebagai ayam pedaging.

Berdasar ras

Di Indonesia dikenali arti ayam ras serta ayam bukan ras (buras, atau kampung). Dalam artian “ayam ras” menurut makna itu yang diartikan sesungguhnya yakni ras yang diperkembangkan buat upaya komersil umum, seperti Leghorn (“lehor”). Ke kumpulan ayam buras ada juga ras lokal ayam yang unik, tapi tidak diperkembangkan untuk usaha komersil massal. Ayam-ayam ras lokal begitu saat ini mulai diperkembangkan (dimurnikan) menjadi ayam sabung, ayam timangan (pet), atau untuk acara ritus. Di bawah ini yakni ras lokal ayam di Nusantara yang udah diciptakan buat karakter/performa spesifik:

– ayam pelung, ras lokal dan unggul dari Priangan (Kabupaten Cianjur) yang punya kokokan yang juga unik (panjang serta bersuara unik), terhitung ayam hias;
– ayam kedu (tergolong ayam cemani), ras lokal dan mulia dari wilayah Kedu dengan ciri-khas warna hitam legam sampai moncong serta dagingnya, tergolong ayam pedaging serta ayam hias;
– ayam nunukan, ras lokal serta mulia dari Nunukan, Kal-tim, dengan bentuk tubuh tegap serta ukuran besar, generasi ayam pengaduan, terhitung ayam pedaging dan hias

Ada juga istilah-istilah untuk mengatakan tampilan fenotipe unik tertentu akan tetapi karakter itu tak selamanya khusus punya ras tersendiri, antara lain:

– ayam walik (frizzle), ayam dengan bulu-bulu yang tak menutup tubuh namun tegak berdiri;
– ayam bali, ayam dengan leher tak dengan bulu serta jambul di kepalanya, saat ini mulai dibiakmurnikan;
– ayam katai (bantam), makna umum buat ayam sama ukuran kecil (jatah panjang kaki sama ukuran tubuh lebih kecil ketimbang ayam “normal “), terdapat beragam ras lokal serta ras murni penyaringan yang masuk grup ini;
– ayam tertawa, ayam (jantan) penyaringan dengan nada kokok terputus-putus ibarat orang ketawa, disangka pertamanya berencana disaring di Sulawesi Selatan, akan tetapi saat ini sudah menyebar di bermacam tempat.